Pasar Persaingan
Sempurna.
Pasar persaingan sempurna juga mempunyai asumsi bahwa setiap produsen/penjual berusaha memaksimalkan keunutungan dengan menjual setingi mungkin.
Pasar persaingan sempurna juga mempunyai asumsi bahwa setiap produsen/penjual berusaha memaksimalkan keunutungan dengan menjual setingi mungkin.
Dan setiap pembeli/
konsumen berusaha memaksimalkan kegunaan dengan membeli harga produk serendah mungkin untuk memperoleh
kepuasan yang maksimal Sedangkan Ciri-ciri
dari pasar perangan sempurna ialah jumlah pembeli dan penjual barang sangat
banyak, sehinga masing-masing penjual tidak dapat mempengarui pasar. Disamping itu
jenis barang yang diperjual belikan dipasar tersebut adalah satu jenis (homogen).
Sedangkan Pola
penerimaan perusahaan sangat di pengaruhi oleh macam-macam pasar atau bentuk
bentuk pasar yang di hadapi oleh perusahaan yang bersangkutan dalam menjual
barang-barang yang di hasilkanya. bentuk pasar yang paling umum di jumpai
adalah pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, pasar monopolistik, dan pasar
oligopoli.
Pasar monopoli adalah hanya terdapat satu penjual
(banyak pembeli). Dimana tidak ada
barang supstitusi terhadap barag yang dijual oleh penjual tunggal tersebut dan
terdapat hambatan masuk bagi pesaigan dari luar. Dalam pasar monopoli
pembentukan harga pasar dapat di pengarui oleh
kurva penawaran produ individu. Pembentukan harga pasar pada pasar
monopoli terjadi apabilah jumlah produk yang dihasikan monopolis persingungan
denagan kurva permintan pasar.
Pasar monopolistik dimana
terdapat banyak perjual yang mengusahakan peroduk yang berbeda-beda. Dalam hal
ini terdapat campur tangan antara persingan sempurna dan pasar monopoli.
masing-masing penjual terlalu kecil untuk mempengarui yang lain. Dalam
persaigan pasar monopolistik perusahaan yang ada dalam pasar tersebut umumnya
memiliki pangsa pasar di bawah 20%. Dalam pasar tersebut tidak ada perusahaan
yang dapat menentukan harga.
Disebabkan karna tidak ada perusahaan
yang secara singnifikan dapat mempengarui pasar, sehinga harga dalam industri
tersebut tergantung pada harga pasar secara agregat. Apabilah perusahaan yang
ingin menjadi penentu harga harus mendiferensiasikan peroduknya terlebih
dahulu.
Pasar oligopoli yaitu
keadaan dimana hanya sedikit penjual, sehinga tindakan seseorang produsen akan
mendorong produsen lain untuk bereaksi. Pasar ini mempunyai beberapa model di
antaranya yang banyak di temui adalah:
a)
Oligopoli dominan
perusahaan harus mengamati dan menghambat masuknya pesaig baru kepasar.
Misalnya dengan berusaha tidak memperlibatan laba potensial dan melakukan
ancaman kepada perusahaan baru yang akan memasuki pasar tersebut. Selain itu
perushaan harus mempertahankan dan memperluas pangsa pasar, memperlual
permintaan, memperkecil pangsa perusahaan pesaing, memperbesar produk yang
dijual, meningkatkan beban perusahaan pesaing dengan menguasai pemasok dan
meningkatkan anggaran iklan dan promosi.
b)
Oligopoli pekat mempunyai kekuatan yang
relatif sama dengan perusahaan-perushaan saigannya. Untuk itu implikasi
strategis dalam oligopoli pekat di usahakan jangan sampai terjadi persaigan
bisnis, malah harus diusahakan kerjasama yang
erat. Yang nantinya akan menghasilkan profit lestari bersama.
0 komentar:
Posting Komentar