RSS

click here

Click Here

jenis jenis pasar dan tingkah laku pelaku usaha didalamnya

Pasar Persaingan Sempurna. 
 Pasar persaingan sempurna juga mempunyai asumsi bahwa setiap produsen/penjual berusaha memaksimalkan keunutungan dengan menjual setingi mungkin.
    Dan setiap pembeli/ konsumen berusaha memaksimalkan kegunaan dengan membeli harga  produk serendah mungkin untuk memperoleh kepuasan yang maksimal Sedangkan Ciri-ciri dari pasar perangan sempurna ialah jumlah pembeli dan penjual barang sangat banyak, sehinga masing-masing penjual tidak dapat mempengarui pasar. Disamping itu jenis barang yang diperjual belikan dipasar tersebut adalah satu jenis (homogen).
Sedangkan  Pola penerimaan perusahaan sangat di pengaruhi oleh macam-macam pasar atau bentuk bentuk pasar yang di hadapi oleh perusahaan yang bersangkutan dalam menjual barang-barang yang di hasilkanya. bentuk pasar yang paling umum di jumpai adalah pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, pasar monopolistik, dan pasar oligopoli.


 Pasar  monopoli adalah hanya terdapat satu penjual (banyak  pembeli). Dimana tidak ada barang supstitusi terhadap barag yang dijual oleh penjual tunggal tersebut dan terdapat hambatan masuk bagi pesaigan dari luar. Dalam pasar monopoli pembentukan harga pasar dapat di pengarui oleh  kurva penawaran produ individu. Pembentukan harga pasar pada pasar monopoli terjadi apabilah jumlah produk yang dihasikan monopolis persingungan denagan kurva permintan pasar.

  Pasar monopolistik dimana terdapat banyak perjual yang mengusahakan peroduk yang berbeda-beda. Dalam hal ini terdapat campur tangan antara persingan sempurna dan pasar monopoli. masing-masing penjual terlalu kecil untuk mempengarui yang lain. Dalam persaigan pasar monopolistik perusahaan yang ada dalam pasar tersebut umumnya memiliki pangsa pasar di bawah 20%. Dalam pasar tersebut tidak ada perusahaan yang dapat menentukan harga.

Disebabkan karna tidak ada perusahaan yang secara singnifikan dapat mempengarui pasar, sehinga harga dalam industri tersebut tergantung pada harga pasar secara agregat. Apabilah perusahaan yang ingin menjadi penentu harga harus mendiferensiasikan peroduknya terlebih dahulu.
Pasar oligopoli yaitu keadaan dimana hanya sedikit penjual, sehinga tindakan seseorang produsen akan mendorong produsen lain untuk bereaksi. Pasar ini mempunyai beberapa model di antaranya yang banyak di temui adalah:

 a)    Oligopoli dominan perusahaan harus mengamati dan menghambat masuknya pesaig baru kepasar. Misalnya dengan berusaha tidak memperlibatan laba potensial dan melakukan ancaman kepada perusahaan baru yang akan memasuki pasar tersebut. Selain itu perushaan harus mempertahankan dan memperluas pangsa pasar, memperlual permintaan, memperkecil pangsa perusahaan pesaing, memperbesar produk yang dijual, meningkatkan beban perusahaan pesaing dengan menguasai pemasok dan meningkatkan anggaran iklan dan promosi.

b)    Oligopoli pekat mempunyai kekuatan yang relatif sama dengan perusahaan-perushaan saigannya. Untuk itu implikasi strategis dalam oligopoli pekat di usahakan jangan sampai terjadi persaigan bisnis, malah harus diusahakan kerjasama yang  erat. Yang nantinya akan menghasilkan profit lestari bersama.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Khoirul Anam Ma'ruf. Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "